Tuesday, March 27, 2007

Asyik ... Pulang ke Rumah Nenek Karanggayam

Pagi-pagi, waktu ayah mbantu-mbantu ibu di kamar mandi, tiba-tiba Icha nongol. Sebenernya ayah udah tau sih kalo Icha dianterin ke kamar B401. Tapi ayah nggak cerita-cerita ke Ibu. Mungkin ayah mau kasih suprise kali ya ke ibu.

Bener aja. Ibu sempet kaget waktu liat Icha ada di ruangan. Udah deh akhirnya ayah dan ibu pada sibuk rebutan nggendong Icha. Wah, nggak nyaman banget deh. Tapi Icha maklum kok. Namanya aja mereka ini baru pertama punya anak. Jadi ya gitu deh.

Pas Icha pipis aja, ayah kayaknya bingung setengah mati gitu. Walau akhirnya bisa menangani dengan baik setelah dibantu ibu. Tapi ayah ini orangnya cepet belajar ya. Walau cuman ngelihatin caranya perawat nangani Icha, berikutnya ayah udah bisa action sendiri.

Nah, berikutnya Icha mencoba disusuin ama ibu. Ini adalah pertama kali Icha disusuin ama Ibu. Padahal udah lebih dari 24 jam Icha lahir. Harusnya Icha udah bisa disusuin ibu waktu malemnya. Tapi ibu kayaknya masih lemah, jadi blum bisa nyusuin ibu. Selain itu juga kayaknya tante-tante perawat nggak ngasih kesempatan supaya ibu bisa segera nyusuin Icha. Padahal sebenernya Icha pengen segera disusuin ibu beberapa saat setelah Icha dibersihkan di adzani dan di-iqomahi ayah. Seperti yang diterapkan di rumah sakit - rumah sakit lainnya.

Nggak lama kemudian Icha dijemput lagi ama tante perawat. Padahal Icha masih kangen ama ayah ibu lho.

Jam 10-an ayah pulang sambil mbawa sebagian besar perlengkapan persalinan ibu di rumah sakit. Tas item yang isinya notebook dan perkakas lainnya. Tas merah muda yang isinya peralatan persalinan. Tas plastik besar yang isinya macem-macem. Wah, ayah udah keliatan kayak tentara yang mau brangkat perang deh. Sementara ibu udah bisa jalan-jalan menyelesaikan urusan administrasi.

Nggak lama kemudian ayah dateng lagi sama Nenek Karanggayam untuk njemput ibu. Sebelum pulang, Icha sempet ditindik dulu untuk masang anting-anting. Daun telinga Icha diolesin ama cairan steril semacam alkohol, trus dilubangi ama jarum suntik. Trus begitu tembus, cantolan anting-anting ditancepin ke lubang jarum. Dengan cara ini ketika jarumnya ditarik, cantolan anting-anting bisa langsung masuk ke lubang yang dibuat tadi. Duh, sakit sekali rasanya. Makanya Icha langsung aja nangis.

Akhirnya kami semua pulang. Ibu, Icha, sama Nenek naik taksi. Sementara ayah naik motor Pio kesayangannya.

Sesampai di rumah Nenek Karanggayam, Icha udah disambut dengan kereta dorong biru ama kasur bayi warna merah muda.




No comments: