Friday, March 30, 2007

Icha Kontrol ke RS untuk Imunisasi Hepatitis B

Pagi-pagi jam 8, hari Kamis, 29 Maret 2007, Icha diajak kontrol ama ayah dan ibu. Ternyata nggak cuman kontrol aja lho. Ternyata Icha mau diimunisasi lagi. Biar nanti bisa kebal ama penyakit.

Kali ini Icha diimunisasi Hepatitis B yang pertama. Brarti Icha udah 2 kali diimunisasi. Yang pertama kmaren imunisasi BCG ketika Icha baru lahir.

Waktu mau berangkat kontrol, Icha sempet didandanin. Dipake'in pampers untuk bayi baru lahir. Istilahnya sih New Born. Nggak enak deh rasanya. Tapi Icha harus make itu, supaya nanti selama kontrol Icha nggak ngrepotin ayah dan ibu kalo tiba-tiba Icha pipis atau BAB.

Sebelum diimunisasi, Icha sempat ditimbang dan diperiksa kesehatannya. Berat Icha ternyata sudah 3.7 kg. Naik 1 ons dibandingin ama waktu Icha baru lahir. Padahal Icha baru 3 hari lho umurnya.

Pas lagi di ruang tunggu untuk tahap pemeriksaan berikutnya juga sempet ada ibu-ibu yang nanya ama ayah tentang umur Icha. Begitu ayah njawab 3 hari, sempet kaget juga si ibu-ibu tadi. Lho 3 hari kok udah sebesar ini.

Waktunya imunisasi tiba. Icha digendong ama ibu. Sementara ayah yang juga ikutan masuk ke ruangan megangin tas isi macem-macem ama gendongan merah muda.

Cusssss ... Jarumnya udah masuk. Udah gitu ada semacam cairan yang masuk ke tubuh Icha melalui jarum itu. Langsung deh Icha nangis kenceng-kenceng. Sakit sekali rasanya. Tapi nggak seberapa lama, ayah langsung ngasihin susu di botol ke Icha. Langsung deh Icha diem. Dan mimik susu dari botol tadi.

Setelah semuanya selesai, kami semua pulang ke rumah Nenek Karanggayam lagi.

2 comments:

Lentera said...

halo icha.. salam kenal yah.. =)
icha lahirnya gede yah.... sehat selalu yah icha..


btw, mbak.. bukannya baru lahir mestinya hepatitis B dulu yah baru BCG? ah, beda dokter suka beda yah.. anyway, mungkin mbak bisa cek di:

parentsguide.co.id/files/jadwal_imunisasi.pdf

biar kita bisa kontrol jadualnya, jadi nga tergantung dsa-nya. maaf yah mbak kalau ternyata udah tau.



salam kenal.
clodi, mamanya Lentera.

Salim Suharis said...

halo tante clodi, salam kenal dari Icha.

setahu ayah dan ibu Icha, emang BCG itu rentang waktunya panjang dari mulai lahir hingga minggu ke dua.

jadi urutan BCG dulu baru Hepatitis B dulu boleh, Hepatitis dulu baru BCG boleh.

Nah kebetulan di Rumah Sakit tempat Icha lahir urutannya BCG dulu baru Hepatitis B. Hepatitis B nya juga dalam kurun waktu minggu pertama. Icha sendiri imunisasi Hepatitis B nya hari ke 3 dari kelahiran. Salam juga untuk Lentera.